Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Khamis, 30 April 2015

Melupakan Orang yang telah Menyakiti Kita

setiap orang pasti pernah disakiti hatinya oleh orang lain yang keluar dari lisannya tanpa kecuali kaum hawa sendiri.

saya beberapa pekan lalu mendapat sms tidak di kenal yang akhirnya ia menyebutkan siapa dirinya.


ia menanyakan sesuatu hal kepada saya "cara melupakan laki-laki yang pernah menyakiti kita tuh gimana?, soalnya semakin berusaha untuk untuk melupakannya malah ingatannya selalu tentang dia"

saya sendiri juga merasa bingung harus menjawab gimana karena juga belum berpengalaman dalam masalah ini.

menurut pandangan atau pemahaman saya, merasa bingung dan harus menjawab apa dan bagiamana tidak mengerti hehehe.

pernah dengar sabda nabi yang berbunyi jika tidak salah "seorang muslim yang baik adalah mereka yang orang selamat dari lisan dan tingkah lakunya"

menurut saya menghilangkan sakit hati

1. hilangkan saling dengki mendengki

saya sendiri pernah mengalam ketika ada teman yang pernah menyakiti saya iri dan dengki kepadanya. jangan pernah selalu membenci siapa orangnya walaupun ia telah menyakitkan hati kita. bila kita terus membenci mungkin suatu saat kita yang teringat orang yang pernah kita sakiti termasuk mantan pacar atau mantan kekasih.

2. dekatkan diri dengan sang pencipta

dengan mendekatkan diri dengan sang pencipta sesuai dengan pemahaman para sahabat sesuai dengan tuntunan Allah yang terkandung dalam Al-Qur'an dan As-sunnah insya kita merasa tenang dan tentram, banyak orang tidak tahu obat mujarab membersihkan penyakit hati.

3. tulislah beban pikiran ke sebuah tulisan

kata beberapa para ahli yang meneliti tentang ini menulis juga bisa memiminimalkan beban pikiran kita, termasuk masalah ingat yang yang kita sakiti ini. bila hal ini pribadi silakan tulisan itu simpan rapat-rapat, setelah menuangkan dalam tulisan pikiran kita lega.

4. selalu membaca tips-tips seputar kehidupan

banyak sekali buku-buku/ artikel motivasi yang membahas seperti mengatasi masalah seputar ini. saya berpendapat hampir semua buku keagama banyak beraroma mengatasi seputar hidup.karena agama adalah nasihat, pegangan dan bagian untuk mengatasi masalah kehidupan. maka banyaklah membaca buku atau artikel motivasi islam yang banyak di temui di toko buku besar, tapi hati hatilah buku yang beraliran menyimpang dari jalur yang benar semisal syiah

5. bertanyalah kepada yang lebih ahli

bila ingin melupakan otrang yang pernah menyakiti kita, bertanyalah kepada orang ahli dalam masalah ini, misalnya ustadz/ulama. temui atau datangilah beliau itu untuk memperberes masalah ini. insya allah beliau bisa, dan jangan malah bertanya yang bukan ahlinya semisal para norma dan lain-lain.

demikian cukup apa yang telah saya sharing karena keterbatasan ilmu dan kurangnya pengalaman, tapi dengan sedikit berbagi semoga menambah khasanah tentang tips-tips yang telah di buat ini.

kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. bila ada saran, kritik maupun usulan harap di sampaikan di komentar.

salam