Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
loading...
Memaparkan catatan dengan label islam. Papar semua catatan
Memaparkan catatan dengan label islam. Papar semua catatan

Isnin, 3 Ogos 2015

Badai Hidup, Ujian Kehidupan

selalu berbaik sangka pada hidup ini. pikirkan saja bahwa tak selamanya badai selalu menerjang, pasti ada di mana hari tenang,cerah seperti sedia kala, walaupun aku tahu ini tak bertahan lama..

Jumaat, 24 Julai 2015

Berbahagia Saat memiliki Anak Hafudz Quran

Subhanallah... bila anak anak bisa hafal Alquran di usia yang masih sangat belia.

Sungguh berbahagia hati setiap orang tua muslim. Seperti yang di lakukan seorang muslimah ini terhadap bayi bayinya ketika itu masih dalam kandungannya hingga ia berusia 4,5 tahun. Ibu yang telah sukses melahirkan hafidz termuda itu bernama Rasya el-Ghayyar.

Saya berharap kelak memiliki anak yang bisa lahir dari ibu seperti itu. Coba baca rahasianya ibu ini apa rahasianya

Ia seorang apoteker sekaligus dosen, sungguh luar biasa sekali di mana banyak muslimah muslimah sibuk dengan apa apa yang menjadi kesibukannya tapi beliau berusaha untuk menjadikan anak anaknya bisa khatam dan hafidz quran.

Banyak muslimah kini lalai akan pendidikan putra putrinya agar bisa menjadi generasi tangguh guna memperjuangkan islam di muka bumi.

Nangis rasanya merasa malu bila anak anak kelak tidak bisa seperti mereka tapi ia sibuk dengan urusan dunia yang sedikit dari segalanya. Menangis benar ia bisa lebih dari sekedar ibadah tapi kebanyakan dari kita terpesona dengan lingkaran tipu daya dunia.

Sungguh beruntungnya bila menjadi suami yang cerdas dalam agama dan bisa mempengaruhi istri untuk bisa melahirkan dan melakukan yang terbaik untuk keluarga dan anak anak menjadi hafidzul quran di usia yang lebih belia lagi dari 4,5 tahun.

Subhanallah...

Isnin, 20 Julai 2015

Bersaudara = Umat Islam

Umat islam dengan dengan umat islam itu bersaudara. Jadi sesama umat islam itu saling bahu membahu satu sama lain.

Ahad, 19 Julai 2015

Intimidasi Muslim Tolikara

Sangat di sayangkan di hari agung terjadi pembakaran tempat ibadah dan kios umat islam untuk melaksanakan hari raya saja di rusak.

Rabu, 15 Julai 2015

Adab Idul Fitri

Sunnah yang menjadi kebiasaan di hari raya setiap tahun ini harus membumi dalam setiap jiwa umat islam, terkadang ada juga yang tidak tahu tentang pemahaman agama yang mumpuni. Berikut ringkasan nya semoga bermanfaat

1. Mandi

Sebelum berangkat sholat ke masjid atau ke tanah lapang di sunnahkan untuk mandi. Kalau ngga mandi pasti bau menyengat hehe...

2. Berpakaian dengan baik, bila ada

Masa mau sholat hari raya pakai pakaian yang ngga sopan apalagi tidak sesuai anjuran Rasulullah tidak punya adab yang baik nih, maka pakai pakaian yang baik bersih.

3. Makan sebelum berangkat

Ini berlaku bagi sholat idul fitri makan sebelum berangkat berbeda dengan idul adha jangan makan sebelum berangkat hal ini di ajarkan oleh Rasulullah loh
4. Mengambil dua jalan

Berangkat lewat jalan ini dan pulang lewat jalur yang berbeda dari yang di lewati ketika berangkat tadi.

5. Waktu dan tempat takbir hari raya

Kurang tahu

6. Waktu sholat hari raya

Saat matahari tingginya sekadar dua batang tombak.

7. Sholat sebelum khutbah

Sholat sebelum khutbah sudah menjadi hal jamak setiap hari raya sehingga udah terbiasa

8. Tanpa adzan dan iqamah

Jelas ya kalau sholat hari raya idul fitri tanpa adzan dan iqamah.

9. Bacaan takbir hari raya

اَللّهُ أكْبَرُ اللّهُ أكْبَرُ، لاَ إلَهَ إلّاَ اللّهُ وَاللّهُ اكْبَرُ، اللّهُ اكْبَرُوَلِلّهِ الحَمْدُ.
10. Ucapan hari raya
Ucapan hari raya sesuai tuntunan agama islam adalah berikut
تَقَبّلَ اللّهُ مِنّا وَمِنْكُمْ

Demikian yang bisa saya sampaikan, bila ada yang salah mohon di kritik ya

Isnin, 13 Julai 2015

IMAMTA GREAT EVENT #putri

Muslimah MTA telah sukses menggelar acara IMAMTA GREAT EVENT yang sebelumnya pada tanggal 29 juni lalu jatuh pada bagian putra dan sabtu kemarin 11 juli adalah bagian putri berhasil di gelar.

Acara akbar IMAMTA putri ini bertempat di gedung pengajian MTA mangkunegaran dengan menghadirkan Al Ustadz Ahmad Sukina sebagai pembicara dan di acara ini ada sekitar 150 mahasiswi serta muslimah dari anggota IMAMTA solo.

Mengambil tema acara islam masa kini adalah berdakwah melalui kemajuan teknologi seperti media sosial dan bisa menunjukkan peran muslimah yang mana muslimah kini minim greget dalam berdakwah sebagaimana ummul mukminin Aisyah ra.

Perlu di ketahui buat kaum wanita, bahwa berdakwah bukan hak kaum lelaki saja siapa saja melaksanakan tugas mulia ini tugas untuk berdakwah mengajak manusia kepada kebenaran dan kebaikan.

Nah dari itu berdakwah lah guna memtebal kantong amal, jangan merasa amal kita sudah cukup jangan merasa kita sudah cukup akan islam kita.

Semoga IMAMTA putri bersinergi untuk kemajuan peradaban islam di masa yang akan datang

Jumaat, 10 Julai 2015

Pola Pendidikan Anak, Kekerasan dan Kelembutan

Saya setuju sekali setelah membaca tulisan dari seorang blogger Inku Hikari tentang tontonan televisi yang berkualitas dan menambah perilaku kebaikan dan bibit pembenihan akhlak
Bahwa tontonan kekerasan tontonan yang berdasarkan fiktif belaka yang sarat pengrusakan akan menambah beban moral kedepannya seperti paparan yang di tulis blogger Inku Hikari dalam artikelnya 3 Tontonan Anak Bermutu Selama Ramadhan
Tapi orang tua sekarang rasanya kurang begitu memperhatikan tontonan pada anak anaknya terutama sang ibu. Ketika di lihat bunda mungkin berpikiran tidak apa apa kan dia masih kecil sehingga dia tidak akan apa apa yang di tontonnya, mungkin begitulah persepsi kebanyakan bunda hari ini.
Seorang bunda harus menjadi ibu cerdas bagi suaminya dan anak anaknya dalam membentengi budaya yang tidak baik terutama pada tontonan baik itu televisi, video laptop, PC dll yang sifatnya bisa bergerak.
Seharusnya seorang bunda harus bisa memberikan tontonan yang baik dengan selalu mencari banyak informasi dari sumber yang baik dan di percaya.
Bila ingin seperti apa tontonan yang berkualitas bagi anak anak muslim bisa coba mencari video berikut ini
1. Hafidz Qur'an
Yang berprasangka buruk kalau menonton hafidz Qur'an menjadikan menjadi anak kuper dan tidak maju tapi sejatinya ia pendidikan yang baik yang menambah mental aqidah dan aqhlak bertambah
2. Hafidz dunia
Ini adalah para hafidz anak anak dari berbagai negara dunia ada dari indonesia, malaysia, pakistan, bangladesh, maroko, amerika semua ada sehingga ketika anak kita menontonnya mereka akan termotivasi untuk bisa menjadi hafidz papan dunia dan di harapkan bisa menjadi ulama yang tawadhu'
Rasanya bila kita menontonnya merasa malu betapa mereka mau menghafal Quran dengan alasan kuat bahkan terkadang ia buta tapi semangat menghafalkan Quran luar biasa.
3. Kartun Islami Dodo Syamil
Saya pernah mendownload video kartun ini di youtube.com dan setelah di tonton sangat bagus sangat luar biasa patut untuk di tonton anak anak kita yang di harapkan untuk menjadi anak shaleh dan shalehah berbakti kepada orang tua
4......
Demikianlah yang saya sampaikan bagaimana dengan opini Anda tentang artikel ini? Sampaikan opini di komentar

Rekomendasi Buku


Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasullulah Sampai Indonesia


Anak Liberal dengan Anak Islam

Terinspirasi ketika membaca postingnya mbak diah siregar tentang jaman anak masa kini dan jaman dulu telah berbeda jauh.

Anak masa kini telah di perangi melalui budaya lewat pemikiran yang di sebut ghazwul fikr

Mereka anak anak kita, saudara, teman, atau siapa saja telah menjadi obyek sasaran perang pemikiran yang menjadi kekhawatiran besar di abad ini termasuk saya dan mbak diah siregar dalam tulisan tentang anak jaman sekarang

Terkadang di sekitar lingkungan kita rasanya kurang menyadari tentang karakter anak anak kita anak anak tetangga yang ada di sekeliling kita.

Anak anak bersikap seperti berpola bebas yang liberal sebagai contoh anak perempuan yang menyanyikan lagu sakitnya tuh di sini dan suka dengan permainan budaya imporan korea, india, amerika, eropa melalui budaya yang tidak mencerminkan kepribadian bangsa indonesia.

Itulah zaman teknologi yang begitu cepat dalam penyebaran informasi sehingga untuk membatasi akses anak anak agar tidak terjebak dalam lingkungan yang buruk.

Tapi tidak berlaku rasanya ketika anak anak di didik ketika masih dalam kandungan ibunya untuk di didik sesuai panutan Al Quran an tapi itu saja masih belum cukup karena minimnya pengetahuan informasi dalam pendidikan anak di usia ini.

Sebagai contoh orang tua yang muslim terkadang melalaikan satu hal untuk mendidik putra putrinya agar menjadi manusia cerdas berwawasan luas tentang ajaran aqidah islam sebelum berusia baligh.
Ketika seorang sebelum usia baligh sudah ahli dalam aqidah islam secara mantap, sholatnya juga mantap, hafalan Qur an nya juga luar biasa, ilmu hadits juga mantap di usia yang masih begitu belia di usia baligh pokoknya bila sejak kecil telah di tanamkan pendidikan islam dalam tindakan nyata bukan sekedar ba bi bu ba bi bu saja tapi setiap tindakan berbicara dan bertingkah itu juga perlu dalam masa depan anak..

Bila pemahaman akan dasar dasar islam porsinya lebih besar dalam tindakan bukan sekedar teori. Dan bila hal ini sudah kokoh dan kuat maka level level lainnya kuat sehingga gempuran globalisasi dalam diri anak anak masih bisa di tepis.

Semua solusi ada dalam islam tapi kita harus tahu ilmu dasarnya sehingga tidak bingung, tapi yang terjadi di jaman ini orang tua, pendidik masa kini bingung dengan agamanya sendiri mengambil hujjah dari aturan islam tak mau ia lebih mengambil pemikiran yang liberal, sekuler yang harapannya bisa membentengi anak anaknya tapi hasilnya jebol.

Maka pelajari pola pola dasar pendidikan islam dengan benar dan lurus tapi orang muslim sudah merasa cukup atas agamanya.

Demikianlah yang saya sampaikan bagaimana dengan opini Anda tentang artikel ini?

Khamis, 9 Julai 2015

Jagalah Persatuan Umat, Mengapa?

Memulai untuk menjaga persatuan haruslah di mulai dari hal paling kecil dan kelihatan memang sepele padahal bila kita mau memahami hakikat kehidupan yang di pandu oleh Allah melalui Al Quran an dan As Sunnah.

Jumaat, 3 Julai 2015

Jalan Lurus : Tidak Mudah?

yakin bahwa hidup tidak semudah apa yang di harapkan?

sebagaimana gambar di atas bahwa hidup tidak seperti itu.

Khamis, 2 Julai 2015

Apa Itu MTA? Majlis Tafsir Al-Qur'an

banyak orang yang tidak mengetahui apa itu MTA bahkan mereka hanya mendengar sumber katanya katanya yang pada akhirnya tidak jelas.

Sabtu, 27 Jun 2015

Puasa, Apa itu?

Puasa adalah sebenarnya syariat yang di tetapkan oleh Allah tuhan semesta Alam.

Isnin, 22 Jun 2015

Bekerja sebagai Sarana Dakwah, Mengapa?

manusia bekerja pasti untuk memenuhi kebutuhan hidup kebutuhan akan hajatnya.

benar atau tidak?

saya rasa demikian begitu kok, tapi pernahkah terpikir bekerja untuk menabung amal?

Rabu, 4 Februari 2015

Umat Muslim Semakin Parah

Pernah membayangkan di benak anda mengapa di negeri kita tercinta ini akhir-akhir ini banyak sekali yang menggugat perceraian baik itu di pihak suami maupun di pihak istri sampai ke ranah hukum.

apakah kita sebagai insan yang masih sangat peduli dengan keadaan bangsa ini dengan semakin beragam kerusakan yang terjadi dan kesannya semakin membiarkan begitu saja. (baca juga : suami yang baik untuk istri yang baik)

walaupun ada orang baik seperti kita dan memiliki talenta untuk mengarahkan ke arah kebaikan mereka cenderung bungkam tidak berani buka suara seperti saya juga hanya berani menulis saja. iya bukan?

Ahad, 10 Ogos 2014

Sesuatu yang di harapkan wanita dari calon suami

Sudah beberapa hari selama ramadhan saya tak sempat menulis.

Tapi sekarang sedang berusaha untuk menulis apa yang akan saya tulis.

Dan sekarang berpikiran tentang sosok seperti apa kriteria si calon suami yang di harapkan atau di inginkan oleh calon istrinya kelak?

Isnin, 9 Disember 2013

Pemuda : Sebuah Kerusakan pada Dirimu

Sepertinya sangat teriris hati kita, sedih dan miris jika melihat generasi penerus bangsa atau para pemuda di masa kini. Mereka (para pemuda) yang seharusnya menjadi tonggak peradaban sebuah bangsa, harus berakhir karena memilih masa depan hidupnya yang ada kepastian dan hanya untuk berleha-leha yang serba bebas tanpa mau di atur, sehingga berjalan sesuka hatinya. Tidak peduli apa komentar orang yang penting keinginannya tercapai, daripada mementingkan orang lain alias egois.